Cerita Dongeng Asal Usul Burung Cendrawasih

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 15.15.00

Haloo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Rakyat kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Asal Usul Burung Cendrawasih  ". Cerita Rakyat ini berasal dari daerah Papua.

Dongeng Asal Usul Burung Cendrawasih
Dongeng Asal Usul Burung Cendrawasih
Dahulu, ada seorang perempuan tua hidup bersama seekor anjing betina di Pegunungan Bumberi, Fak fak. Suatu hari mereka mencari makanan ke hutan. Mereka sampai di suatu tempat yang ditumbuhi pohon pandan sedang berbuah. Perempuan tua itu mengambil buah dan memberikannya kepada anjing betina. Dengan lahapnya, anjing betina itu memakan buah pandan itu. 

Mendadak perut anjing itu hamil dan melahirkan seekor anak anjing. Tidak lama kemudian, perempuan tua memakan buah pandan. Ia pun hamil dan melahirkan seorang anak laki-laki yang di beri nama Kweiya. Setelah kweiya dewasa, ia membuka ladang baru di hutan itu. Peralatan yang dipakainya hanya kapak batu yang berbentuk pahat. 

Pada suatu hari ketika Kweiya sedang menebang pohon, tiba-tiba ada seorang pria mendekatinya. Selanjutnya, pria itu memberikan kapak besi kepada Kweiya. Dengan alat itu, kini ia dapat menebang pohon dengan cepat. Pada saat makan siang tiba, Kweiya memperkenalkan pria itu kepada ibunya. Setelah makanan tersedia, Ibunya memanggil Kweiya. Kweiya mengajak pria tadi untuk ikut makan di rumah dan berkenalan dengan ibunya. Karena pria itu berjasa dalam hidupnya. Si ibu menerima kehadiran pria tersebut. Sejak saat itu mereka menjadi suami dan istri. 

Beberapa tahun kemudian lahirlah beberapa anak. Anak-anak itu dianggap sebagai adik-adik Kweiya. Namun, eratnya persaudaraan mereka bertiga makin hari makin pudar gara-gara rasa iri kedua adiknya. 

Pada suatu hari, mereka mengeroyok Kweiya. Perkelahian yang tak seimbang itu menyebabkan tubuh Kweiya mengalami luka-luka. Kweiya bersembunyi di sudut rumah, sambil memintal tali dari kulit pohon Poagak Nggein. Ketika orang tua mereka pulang, mereka diam saja. Adik perempuan yang paling bungsu menceritakan pengeroyokan itu pada kedua orang tua mereka. Dipanggilnya Kweiya, tetapi tidak kunjung ada sahutan. 

Tiba-tiba terdengar suara yang berbunyi " Eek..ek,ek..ek,ek. " Sambil menjawab, Kweiya berubah menjadi burung menyisipkan benang pintalannya pada kakinya lalu meloncat-loncat di atas rumah dan berpindah ke dahan pohon dekat rumahnya. Ibunya menangis sambil meminta bagian untuknya. Kata Kweiya, bagian untuk ibunya ada pada pohon koba-koba (payung tikar)  , di sudut rumahnya. Ibunya segera mencari koba-koba. Benang pintalan itu disisipkan pada ketiaknya, lalu terbang ke atas dahan pohon yang tinggi. Kweiya dan ibunya bertengger di atas pohon sambil berkicau dengan suara "wong,wong,wong,wong, ko, ko, ko, wo-wil!" 

Maka sejak itulah burung cendrawasih ada didunia. Bagaimana membedakan burung cendrawasih jantan dan betina? Burung cendrawasih jantan selalu berbulu panjang dan disebut Siangga. Burung cendrawasih betina bulunya pendek dan disebut Hanggam Tombor.  

Sumber : Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Karya Yustitia Angelia penerbit Lintas Media


Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 15.15.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB