Dongeng Si Kancil - Si Kancil dan Beruang

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 16.13.00

Haloo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Si kancil kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kancil dan Beruang ". 



Dongeng Si Kancil dan Beruang


Dongeng Si Kancil
Cerita Dongeng Si Kancil dan Beruang
Ada seekor Beruang coklat bertubuh gendut. Ia selalu terpesona mendengar burung-burung bernyanyi riang. Beruang Coklat ingin bisa bernyanyi atau bersiul tapi ia tak mampu. Suatu hari ia tersesat di ladang dekat perkampungan. Ia sangat takjub melihat anak gembala meniup seruling dengan suara yang merdu sekali. Beruang kembali masuk ke hutan dan menceritakan pengalamannya itu kepada Kancil.

Suatu hari Kancil berjalan-jalan. Sampailah ia di rerumputan pohon bambu. Karena capek ia istirahat di tempat itu. Tiba-tiba  ia mendengar derit suara bambu yang cukup merdu walau tak semerdu seruling si gembala.

Mendengar derit bambu tadi. Timbul sifat jailnya. Ia punya gagasan gila untuk temannya si Beruang. Berhari-hari Kancil mencari Beruang, akhirnya ia temukan juga si Beruang yang sedang mandi di sebuah telaga. " Cil ! Kita berendam, udara sangat panas nih ! " sahut Beruang. "Haii beruang...." kata Kancil. " Kau kan suka musik? Ayo ikut aku, kutunjukan konser musik alami yang sangat merdu sekali.

" Wah benarkah, Cil ? Ayo kita berangkat ! " dari kejauhan Beruang melihat Kancil seolah-olah sedang memainkan seruling dari bambu. "Cil, daripada aku cuma melihat ajarilah aku mainkan seruling itu " kata Beruang sambil mendekati Kancil.

"Boleh, julurkan lidahmu, tempelkan ke celah seruling bambu yang panjang ini," kata Kancil. Kancil segera bersiul memanggil angin. Tak berapa lama angin bertiup sepoi sepoi cukup untuk menggoyang-goyangkan pohon bambu.

Bambu berderit, menjepit ujung lidah beruang. Beruang menjerit kesakitan. Dengan sepasang tangannya yang kuat ia menahan gerakan bambu dan segera mencabut lidahnya. Sadarlah si Beruang, kancil sengaja menipunya. Tapi ia tidak marah, sebab derit suara bambu itu memeng terdengar merdu.

Begitu merdunya derit suara bambu itu sehingga membuat Beruang terlena dan akhirnya ia tertidur lelap. Dalam tidurnya ia bermimpi dapat meniup seruling seperti anak gembala. Hatinya senang bukan kepalang.

Demikian lah Cerita/Dongeng Si Kancil yang berjudul " Kancil dan Beruang ". Nah dari Cerita/Dongeng diatas adik-adik bisa belajar bahwa kita sebagai manusia juga harus bisa saling membantu seperti Dongeng Si Kancil dan beruang diatas tadi yaa.

Sumber : Kumpulan Dongeng Si Kancil Penerbit "Zahra Book" Penulis MB Rahimsyah AR

Cerita Dongeng Si Kancil yang lainnya :
1. Cerita Si Kancil Menipu Kera
2. Cerita Dongeng Si Kancil Sabuk Nabi Sulaiman

Demikian cerita dongeng si Kancil yang berjudul  Kancil dan Beruang " semoga kita bisa mendapat pelajaran penting dari cerita diatas untuk kita bagikan kepada anak dan cucu kita. 

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 16.13.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB