Dongeng Si Kancil - Si Kancil Menipu Kera

Posted by Ade Yogi Pamungkas on 16.12.00

Haloo sahabat Blog Cerita Rakyat Indonesia, 
Di serial Cerita Si kancil kali ini, Tim CRI akan membawakan cerita yang berjudul " Kancil Menipu Kera ". 

Dongeng Si Kancil
Dongeng Sikancil Menipu Kera
Ada seekor kera menemukan kebun pisang yang luas dan banyak buahnya. 
Ia senang bukan kepalang. Ia menceritakan temuannya itu kepada hewan-hewan lainnya. " Tapi ingat ya kebun itu milik pak Tani, Jika kalian ke sana pasti akan dibunuhnya," kata kera.

Si kancil juga mendengarnya kabar tentang kebun pisang yang luas itu. Setelah bersusah payah akhirnya ia menemukan kebun pisang milik Pak Tani. Kancil menyusup ke dalam, namun ia tak bisa mengambil pisan di atas pohon. 

Lagi berfikir keras, tiba-tiba Kancil dilempar kulit pisang. Ia bermaksud lari, takut yang melemparnya adalah Pak Tani. Ketika ia mendongak ke atas tahulah pelemparnya adalah si kera nakal. " Sialan ternyata kau kera! Dasar jelek dan bodoh" kata Kancil. " hehehe! biar bodoh begini tapi aku bisa memanjat dan menikmati pisang matang sepuas hatiku!" kata kera. 

" Dasar kera bodoh! Lemparanmu tadi sebenarnya tidak mengenai tubuhku. Sebab kau gunakan kulitnya saja coba lempari aku dengan pisangnya pasti kena!. Tapi apa kau bisa kera bodoh !". Kata si Kancil. Kera tersinggung disebut bodoh lalu ia melempar kancil dengan pisang betulan yang matang. " Nih ! Benjut kau !" kata kera. Kancil berkelit, pisang tidak mengenai tubuhnya. " Dasar kera bodoh! Lemparanmu meleset coba lagi!" kata Kancil. 

Cukup banyak pisang matang yang dilempar kera, ada tiga puluh buah kini tinggal dua buah pisang matang yang tersisa di pohon. " Hehehehe....ayooo masih mau mencoba melempar lagi?" ejek Kancil. 

Kera nekat melempar lagi namun lemparannya tetap meleset! Kini kera mulai sadar bahwa kancil memang sengaja mengibulinya. Karena tinggal satu buah, dan kera masih lapar ia tak jadi melempar kancil lagi. Ia makan buah pisang yang tinggal sebuah itu. Sementara si Kancil segera mengumpulkan pisang-pisang yang berceceran, dan memakannya dengan sepuas hati. 

Demikian lah Cerita/Dongeng Si Kancil yang berjudul Kancil Menipu Kera, nah dari cerita diatas adik-adik bisa belajar bahwa kita sebaiknya jangan mudah terpancing emosi sehingga tidak bisa berfikir dengan jelas dan melakukan tindakan yang merugikan kita sendiri akhirnya.

Sumber : Kumpulan Dongeng Si Kancil Penerbit "Zahra Book" Penulis MB Rahimsyah AR

Ade Yogi Pamungkas
New Johny WussUpdated: 16.12.00

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Recent Posts Widget

Artikel Favorit Minggu Ini

CB